Senin, 17 Desember 2012

kisi-kisi uas Psikologi Belajar


1. Apa pengertian psikologi belajar dan jelaskan ruang lingkup psikologi belajar !
2. Apa yang disebut dengan belajar dan sebutkan ciri-ciri belajar !
3. Jelaskan dan sebutkan tentang kecerdasan majemuk (multiple intelligences) !
4. Jelaskan perbedaan motivasi intrinsic dan ekstrinsik dan berikan contohnya !
5. Ada tiga gaya belajar siswa ditinjau dari kecenderungan dalam penggunaan indera manusia, sebutkan dan jelaskan tiga gaya tersebut !
6. Jelaskan tentang konsep belajar kognitifistik menurut tokoh Piaget dan bagaimana implikasinya dalam pendidikan islam ?
7. Jelaskan pula konsep belajar menurut humanistic Rogers dan bagaimana terapannya dalam pendidikan Islam ?
8. Jelaskan tentang konseip belajar behavioristic menurut tokoh Thorndike lengkap dengan hukum-hukum belajar dan jelaskan bagaimana terapannya dalam pembelajaran !
9. Jelaskan pula konsep belajar dalam Islam menurut tokoh Islam yang anda katahui ( Al-Ghazali , Ibn Miskawaih, Ibn Sina, Al-zarnuji atau tokoh Islam yang lain) danjelaskan bagaimana terapannya dalam pendidikan Islam?
10. Suatu kasus kesulitan belajar:
Seorang siswa SMA kelas III IPS, laki-laki menunjukkan gejala jarang masuk sekolah, sering melanggar tta tertib sekolah, dan prestasi belajarnya menurun. Siswa tersebut sering bolos sekolah, terutama kalau akan menghadapi pelajaran matematika. Pada akhir tahun yang lalu yang bersangkutan termasuk salah seorang siswa yang dipermasalahkan untuk kenaikan kelasnya. Di rumah, siswa tersebut tidak mempunyai tempat belajar sendiri; dia belajar di tempat tidurnya. Ia banyak membantu kegiatan keluarga, sehingga seringkali terlambat masuk sekolah. Data lain menunjukkan bahwa siswa yang bersangkutan adalah anak ke enam dari sebelas bersaudara. Tiga orang saudaranya sudah berada di perguruan tinggi, dan salah seorang adiknya juga di kelas III jurusan IPA di sekolah yang sama. Siswa yang bersangkutan sebenarnya kurang berminat terhadap bidang studi IPA. Dalam menyelesaikan salah satu tugas rumahnya pernah terjadi bentrok dengan salah seorang gurunya.
SOAL : 10 . Bacalah dengan cermat kasus di atas dan berikanlah bantuan penyelesaian kesulitan belajar siswa dengan memperhatikan langkah-langkahnya yaitu :
a. Lakukanlah identifikasi masalah ! (Ada masalah apa saja ?)
b. Tentukan atau lokalisirlah pada kesulitan mana yang membutuhkan penanganan kesulitan belajar !
c. Tentukan faktor-faktor apa yang manjadi penyebab kesulitan belajarnya !
d. Tentukan diagnosis kesulitan belajarnya !
e. Menjelaskan cara mengatasi kesulitan belajar (prognosis)
f. Bagaimana langkah treatmen nya?
g. Bagaimana evaluasinya ?

catatan : soal di atas bisa masuk semua d uas atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar