Senin, 17 Desember 2012

KISI-KISI UAS BK BELAJAR

Suatu kasus 1:
Seorang siswa di kota J memperoleh prestasi belajar sangat kurang, terutama dalam mata pelajaran ilmu social. Yang bersangkutan adalah siswa jurusan IPA. Dia sering bertengkar dengan teman-teman sekelasnya dan sukar menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Orangtuanya bercita-cita agar anak itu menjadi seorang dokter. Dalam keluarganya, dia sering dimanjakan oleh kakak-kakak dan neneknya. Tingkat ekonomi orang tuanya tergolong sedang, sehingga ia sering mendapat kesulitan dalam memenuhi alat-alat pelajarannya. Terhadap guru, siswa tersebut sangat pemalu, segan dan bahkan takut, sehingga tampak canggung. Demikian juga hubungannya dengan orang-orang dewasa lainnya, ia tampak sangat kaku dan sering diperlakukan seperti anak kecil.
SOAL : 1. Jawab pertanyaan berikut ini dengan benar berdasarkan kasus 1 di atas !
a. Bagaimana Identifikasi murid yang mengalami kesulitan belajar tersebut! ?
b. Lokalisasilah jenis dan sifat kesulitan belajar !
c. Bagaimana perkiraan sebab-sebab kesulitan belajarnya ?
d. Terangkan bagaimana pemecahan terhadap kesulitan belajarnya !

Suatu Kasus 2:
ES berumur 16 tahun, duduk di kelas X di kota B. di sana ia tinggal bersama dengan kakak laki-lakinya yang seayah, tetapi berlainan ibu. Dalam rumah tersebut tinggal pula ibu tirinya. Ibu kandungnya tinggal di kota P sebagai pedagang. Nilai yang diperoleh ES sangat jelek dalam mata pelajaran matematika dan fisika, sedangkan dalam mata pelajaran lain nilainya cukup baik, yaitu rata-rata 6. Kecerdasannya (hasil tes PM) tergolong sedikit atau di atas rata-rata. Hasil tes bakat menunjukkan bahwa ia cukup dalam penalaran berhitung, penafsiran mekanikaa dan penalaran abstrak. Menurut guru-gurunya, siswa tersebut termasuk anak yang pendiam dan selalu mengambil tempat duduk di deretan paling belakang. Dia bercita-cita jadi insinyur pertanian.
SOAL : 2. Jawab pertanyaan berikut ini dengan benar berdasarkan kasus 1 di atas !
a. Bagaimana Identifikasi murid yang mengalami kesulitan belajar tersebut! ?
b. Lokalisasilah jenis dan sifat kesulitan belajar !
c. Bagaimana perkiraan sebab-sebab kesulitan belajarnya ?
d. Terangkan bagaimana pemecahan terhadap kesulitan belajarnya !

Kasus 3 :
Pada kelas 1 SD siswa B membaca kalimat yang tertulis: Saya pergi ke sekolah bersama kakak. Kalimat tersebut dibaca siswa B menjadi : “ Saya pergi ke sekolah bersama bapak”. Pada kalimat lain: Ia sakit namun ia tetap pergi ke sekolah. Dibaca oleh anak tersebut dengan : “Ia sakit nanum ia tetap pergi ke sekolah”.
SOAL : 3.
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar berdasarkan kasus 2 di atas:
a. Apakah siswa B termasuk anak dengan kesulitan membaca/ disleksia ? Jika tidak jelaskan argument anda, jika Ya, jawablah pertanyaan berikutnya !
b. Jelaskan pada tingkat kesulitan apa ?
c. Terangkan factor yang mungkin menjadi penyebab kesulitan tersebut !
d. Dengan metode apa anak B dapat dibantu kesulitan membacanya ?

SOAL NO 4 ;
Jawablah pertanyaan di bawah ini tentang diskalkulia !
a. Apa yang dimaksud diskalkulia ?
b. Sebutkan perilaku siswa berkesulitan belajar matematika
c. Jelaskan bimbingan bagi sisa berkesulitan belajar matematika !

Kasus 4 :
Pada kelas 1 SD siswa B membaca kalimat yang tertulis: Ibu pergi ke kampus untuk mengajar. Kalimat tersebut dibaca siswa B menjadi : “ Ibu dan bapak pergi ke kampus untuk mengajar.”. Pada kalimat lain: Dina membeli kue. Dibaca oleh anak tersebut dengan : “Dina membeli kue dan roti.”

SOAL : no 5 : Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar berdasarkan kasus 4 di atas:
a. Apakah siswa B termasuk anak dengan kesulitan membaca/ disleksia ? Jika tidak jelaskan argument anda, jika Ya, jawablah pertanyaan berikutnya !
b. Jelaskan pada tingkat kesulitan apa ?
c. Terangkan factor yang mungkin menjadi penyebab kesulitan tersebut !
d. Dengan metode apa anak B dapat dibantu kesulitan membacanya ?

catatan: soal di atas bisa masuk dalam soal ujian semua atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar